Cara Mengembalikan Bootloader Ubuntu

Jadi begini, di laptop gue sebenernya udah ada 2 OS, yaitu Wind*wsXP dan Ubuntu 10.04. Namun karena ngiler liat temen yang pake Wind*ws7, akhirnya gw memutuskan untuk install Wind*ws7. Ternyata oh ternyata, setelah install Wind*ws7, eh eh eh gw ga bs masuk k Ubuntu karena ga ada bootloadernya.

 

Setelah berbingung2 dan bergalau-ria seharian, akhirnya gw ketemu caranya (dapet dari temen gw).

1. Masukkan CD installer ubuntu 10.04 (tp kita ga perlu install ubuntu, tp cm pilih opsi mencoba aja)

2. Buka Aplications –> Accessories –> Terminal

3. cari tahu lokasi partisi sistem Linux dengan cara ketik ini di terminal: sudo fdisk -l

4.  Misal hasil untuk point (3) adalah sda4, maka selanjutnya ketik ini di terminal: sudo mount /dev/sda4 /mnt

5. sudo grub-install –root-directory=/mnt/ /dev/sda   (INGAT!! Ini ‘sda’ yaaa, bukan ‘sda4’)

6. sudo update-grub

7. Restart komputer Anda

 

Yay! Langkah-langkah ini telah menyelamatkan gw!

Tinggalkan Balasan

