India – Ternyata Panas Bangetzz

Hmm, gw akan mulai dari liputan awal.

Gw dan rombongan berangkat dari bandung pukul 06.00 menuju bandara Sukarno-Hatta. Pesawat yang menuju Batam take off pukul 11.30. Kita tiba di Batam sekitar pukul 13.30 lalu istirahat dan makan siang di Batam. Kemudian pada pukul 15.10 naek kapal Waterfront 2 (Penguin) menuju Singapore dengan ongkos SGD 27. Pesawat yang akan berangkat menuju India akan take off pukul 02.00 waktu Singapore, so kita bener2 manfaatin sisa waktu yang ada selama di Singapore untuk jalan-jalan. Dari pelabuhan, kita titip barang di pelabuhan dengan bayaran SGD 3,1 untuk barang di atas 10kg dan SGD 2,1 untuk barang di bwh 10 kg (detail banget yak gw!). Setelah itu, yuhuuuu meluncurlah ke China Town. Naek apa? Naek MRT bo. Yang nyaman banget dan wush wush cepetttt (katakanlah bahwa gw kampungan, tp kamu pun akan berpendapat demikian jika mengalaminya. Karena kita sama-sama kampungan :D). Biaya naek MRT sekitar SGD 1 koma sekian.. Hmm gw cukup takjub dengan sistem MRT ini. Jadi kita naek MRT ini kudu beli kupon (semacam kartu gt). Kartu ini dipake buat masuk ke dalam lokasi MRT. Lalu setelah selesai pake MRT, kita bisa tukar lagi kartu ini seharga SGD 1. Semuanya dikerjakan mesin!!

Keliling2 bentar di China Town, lalu cari food court. Nyam-nyam makanannya enak bo. Cocok di lidah gw. Biaya makan di sini sekitar SGD 3.5 (gw makan Wanton Mie yang notabene adalah mie pangsit) dan minuman SGD 1.5(hmm gw ga hapal nama minumannya karena emang ga familiar). Kebetulan gw lebih milih makan bagi dua sama temen gw demi penghematan mengingat perjalanan masih panjang untuk mencari kitab suci ke Barat (Tom Sam Chong banget.. J ).

Setelah dari China Town, kita balik lagi k pelabuhan. Dari pelabuhan, kita menuju ke CHANGI AIRPORT. Kita tiba di sana sekitar pukul 22.00 waktu setempat. Yeah.. masih harus nunggu sangat lama untuk keberangkatan ke India. Momen ini gw manfaatin untuk muter-muter di sekitar bandaranya yang keren abis plus manfaatin fasilitas internetan gratis. Yah, satu hari tanpa koneksi bagai ada yang kurang dalam hidup. Cee ii lee. Sok aja..

Ketika pukul 02.00 tiba, setelah check in dll, masuk ke pesawat Singapore Airlines (SQ) yang sumprit ampon keren abisssss. Mimpi apa gw bisa naek pesawat mewah kayak gini. Pesawatnya berukuran besar. So ada tiga kolom gt. Inget serial Korea yang judulnya Wonderful Life. Yaaa, kayak begitulah pesawatnya. Pesawat yang di awal episode mereka tumpangi untuk menuju ke Singapore. Keren abis. Dapet makan. Dan kita boleh milih menu Indian atau International Menu. Dan gw milih yang international. Makanannya terlalu mewah sampe2 ga pas di lidah gw yang kampong banget ini. Ada kentang yang pake daging-yang-gw-kira-sapi-tapi-pada-akhirnya-gw-tau-dari-temen-gw-bahwa-itu-kambing-namun-udah-gw-makan-habis-hueek. Lalu ada Roti yang diberi selai mentega dan susu segar. Kemudian ada macaroni. Lalu ada pudding. Plus Sweet Tea (baca: teh manis *sok inggris*). Selain itu ada fasilitas berupa selimut, sikat gigi, kaos kaki, dan TV Video Mini yang terdiri dari banyak Channel. Gw sempetin nonton film Kungfu Panda, Film Korea (ga tau judul), Film Mandarin ga-tau-judul (tentang basket) dan akhirnya gw terlelap sampe pukul 05.30 waktu India. Waktunya untuk bangun karena gw dah tiba d India.. Yuuhhuuuu..

Sampe di India, setelah urus imigrasi dll, kita cari taxi untuk menuju k penginapan. Dan gw kaget liat model taxinya yg kuno abiss (sayang gw ga sempet fotoin. Nyesel banget. Padahal gw yakin tuh taxi langka banget di jaman sekarang ini :D). Lalu, gw kaget banget sama udaranya yang panasssss abisssss. Usut punya usut suhu rata2 di sana 36 derajat Celcius. Wow!! Malah katanya kalo masuk ke bulan mei juni gt suhu bisa mencapat 47 derajat celcius. Gileeee. Dan waktu itu untungnya masih pagi jadi ga sampe setinggi itu panasnya. Tapi untuk ukuran pagi, itu sangat panassss. Uwaa gw langsung keringetan. Dan bagaimanakah cara pak sopir membawa taxinya. Wah, kacau. Ngebut BGT! Dan di sepanjang jalan, semua kendaraan sibuk bunyiin klakson (udah kayak festival klakson sepropinsi). Berisik banget. Untungnya gw selamat sampe tujuan.

Tujuan kita adalah daerah Majnu Ka Tila, tepatnya ke tempat Tibetan Refuge Colony. Mencari penginapan yang bernama New Sakya. Ahaa! Tempatnya cukup oke, dengan biaya per malam untuk satu kamar AC 850 Rupee (Rs 850), dan kebetulan kita bagi 3 orang per kamar. So, ini cukup murah mengingat 1 Rupee = 214 rupiah saja.

Makanan di hotel ini pun tentu saja makanan khas Tibet yang gw ga ngerti artinya. Cthnya Thentuk, Thukpa, Momo, Chowmien, dll. Alhasil gw bengong liat menunya dan asal pilih aja. Ternyataaa, makanannya enak dan cocok di lidah. Thentuk itu sebutan untuk makan yang mirip kulit pangsit berkuah dikasih telur gt. Nyam-nyam enak. Thukpa itu mirip mie kuah. Momo itu pangsit goreng. Chowmien adalah mie goreng. Harga sekali makan ini Rs 40. Dengan porsi yang gede banget untuk ukuran cewek diet kayak gw (Tsah!).

Di deket hotel ini ada warnet. So, di sinilah gw skrg berada untuk meliput acara ini. Gw berada di sini selama 2 hari. Selama 2 hari ini gw sempetin keliling2 pasarnya. Ke Ladakh, Knock Place (mgkn salah dalam spellingnya), berjalan sepanjang jalan JanPath hunting saree. Wah gw sebenernya pengen koleksi 1 saree tp blom nemu bahan yang oke dan warna yang cocok buat gw. Harga saree ada yang terjangkau kok. Sekitar 200.000 Rupiah gt.

Selama jalan-jalan ini, gw nemu 1 hal unik. Jadi kalo kita masuk k suatu toko yang baru buka di pagi hari (artinya kita adalah pelanggan pertama), maka orang di sana pny kepercayaan bahwa pelanggan pertama ini kudu beli. Walaupun meski kita berubah pikiran utk batal beli, dia akan maksa dengan ngotot agar kita beli dan dia bersedia kasih tawaran bagus karena menurutnya peruntungan hari itu akan buruk kalo kita gagal beli. Alhasil kita sempet mengalami debat harga dan akhirnya kudu beli. Ohh no..

Udah kepanjangan bo.. gw lanjutin lagi ke postingan selanjutnya..

7 responses to “India – Ternyata Panas Bangetzz

1. vie,aku dak nyangko u jg biso telan makanan khas india hihihi…

suatu pengalaman yg tidak biso di lupoken.
    aku jugo pengen jadinyo ke india hahaha…( tapi katek duit coi )kalo pun aku ado tabungan 30jt,aku masih mikir2 ke india…aku akan lebih pilih ke taiwan,hongkong,atau korea …. huhuhu !!! tapi kalo gratis…MAU DONG !!!

waktu aku baco cerito u,bener2 aku beraso ado di tempat kejadian…dan kesimpulannyo ” u sgt cocok jd penulis ” bravo vivie !!!

tapi yg jadi masalah,foto u pake sare tuh emang katek duonyo hahahaha…
    pake baju merah…manis sekali…
    eh dak cukup hanya manis sekali tapi sangat manis sekali …. (:

2. @nini : hahaha.. awas ya kalo tuh foto lu sebar2in
    @mutz : oleh2 ambil d bangung mau ga? hihih
    @husanto : adoh.. kok kau jadi tau blog aku ah.. jadi ga bisa tulis aneh2 nih.. hahaha
    @tiiikaaa : gw malu banget kalo tampang gw sampe muncul di blog.. ini blog rahasia boo hahaha

3. dak akan ku sebari vie…tenang be ..
    kalo udh u kasih amanat,pasti aku turuti…

tapi u dak pernah bilang kalo blog ini rahasia …pikir aku semakin banyak org melihat maka akan lebih baik…maap yo (: