Hari Kartini

Hari ini Hari Kartini. Gw pengen nulis sesuatu dalam rangka hari tersebut. Guru gw sering banget bilang bahwa cewek-cewek jaman sekarang ini banyakan udah hilang sisi feminis-nya. Contohnya: lebih suka pake jins (ketimbang rok batik yang sering dipake oleh kaum wanita indonesia jaman dulu), lebih suka pake baju ( ketat-ketat ketimbang kebaya – bayangin aja, jaman dulu tuh para rakyat jelata cuma pake kemben), suka tereak-tereak tak terkendali. Kebayang ya cewek-cewek jaman dulu tuh seanggun apa.

Gw sedang membayangkan suatu masa dimana kita mulai membudayakan batik lagi. Cewek-cewek pada makai pakaian yang bercorak batik. Batik kita tuh keren loh! Bahkan jika dibuat desain secara modis pun akan tetap terlihat cantik dipandang mata.

Gw akhir-akhir ini jadi suka banget sama rok batik. Ga usah beli mahal-mahal kok. Cukup beli di pasar-pasar tradisional yang harganya sekitar 15-25 ribu. Enak dipakai dan emang kerasa lebih cewek banget *promosi mode on*. Memang sih, sisi feminis itu ga harus ditampilkan dengan cara pakai rok, tapi juga ga ada salahnya kita mempertahankan budaya indonesia. Kalo bukan kita, siapa lagi hayoooo

10 responses to “Hari Kartini

  1. vie… perasaan kemben tuh ketat deh..
    oia.. dulu juga waktu jaman kuliah,
    pas gw mulai pake jins, lo salah satu
    cewek yang bilang ke gw kalo gw
    lebih bagus pake rok yah..?
    satunya lagi si anggy…
    dya mah bukan lebih suka gw pake rok,
    gw boleh pake celana, asal gak ketat.

    feminisme kan bukan tentang baju apa
    yang pantas dipakai cewek vie..
    feminisme lebih dari itu…

  2. iya, feminisme emang ga sebatas itu (sempit amat)..
    Tapi menurut gw, ga ada salahnya kita mulai membudayakan lagi pake rok, apalagi kita cewek gitu loh😀
    Lagian, cewek tuh lebih manis kalo pake rok kok. Cewek BANGET!

Tinggalkan Balasan

