Liputan Perjalanan Surabaya-Yogyakarta-Magelang

Seperti yang kita ketahui bersama, tanggal 4 Maret 2008 gw kembali bekerja untuk menafkahi hidup gw yang mempunyai kebutuhan-kebutuhan segudang sehingga gw ga bisa menabung dengan baik.

Sebelum itu, gw ikut dalam sebuah perjalanan yang cukup panjang selama kurang lebih 12 hari.

Liputan Perjalanan ke Surabaya

Jadi pas tanggal 20 Feb malam, gw naek kereta bisnis menuju Surabaya. Perjalanan tersebut memakan perjalanan sekitar 14 jam. Kami brangkat pukul 5 sore dan pulang tanggal jam 7 pagi keesokan harinya. Gw mengikuti acara ceramah keagamaan selama di sana.

Di hari ke-2, gw menemukan mainan menarik di penginapan gw yaitu berupa sepeda mini jaman dulu yang ada keranjangnya di depan. Cihuy, gw langsung jadi bahagia seketika. Tuh sepeda gw bawa jalan-jalan menuju ke tugu Suro-Boyo. Meski tersengal-sengal, gw nyampe juga di tugu itu. Hehe, nih dia pic yang berhasil gw ambil😀 (menyusul) Dan tanggepan temen gw adalah: ”Mana muka lo?! Mana ada yang percaya bahwa lu beneran udah ke Surabaya. Gambar kayak ginian mah bisa dapet di internet.”

Di hari ke-3, gw bener-bener terdesak untuk internetan. Akhirnya gw dateng ke Cafe Speedy gt deh. Di sana internetan gratis, tapi ditawarin beli minuman. Untungnya gw ga muka badak. Jadinya, gw masih mesen minuman kok. Gw liat harga termurah adalah air mineral seharga 6000. Tapi gw juga masih punya malu yang lebih baik sehingga akhirnya gw pesen lemon tea seharga 8000. Gw internetan selama 2 jam!!
Lumayanlah. Daripada gw internetan di warnet yang memakan biaya 5000/jam?!!

Di hari ke-4, akhirnya bisa ngunjungin Sidoarjo buat liat langsung semburan lumpur di sana. Wah, bener-bener deh ngeliatnya miris bgt. Serasa liat lautan lumpur (foto menyusul). Sebenernya gw pengen sih mendatangi posko pengungsian penduduk, tapi setelah gw pikir :”gw di sana bisa apa? cuma bisa melihat penderitaan mereka tanpa bisa melakukan apa2″. Jadinya gw mengurungkan niat tersebut.

Liputan Perjalanan di Yogyakarta

Tgl 25 pagi, gw menuju ke Yogyakarta pake kereta bisnis lagi. Perjalanan memakan waktu sekitar 5-6 jam. Gw bener-bener terpesona di Yogya ngeliatin banyaknya kerajinan tangan yang cantik2. Demikian juga dengan batiknya yang bagus2. Ternyata batik kita tuh nggak sembarangan dibuat loh. Untuk batik-batik yang bener-bener bagus, maka coraknya itu ada kisah tersendiri.

Ada satu kisah yang sempet gw denger mengenai batik. Yaitu kisah salah seorang permaisuri Raja yang merasa sedih karena raja sering berada di tempat selir, sehingga untuk melampiaskannya, dia membatik sehingga jadilah karya yang begitu indah. Namun, sayangnya batik corak ini katanya udah dipatenkan oleh Perancis. Huhuhu

Liputan Perjalanan di Magelang

Dari Yogya, kita berangkat ke Magelang. Tujuan utama adalah Candi Borobudur, sambil mengunjungi candi-candi terdekat di sana yaitu Candi Mendut dan Candi Pawon.

Gw takjub banget deh ngeliat Candi Borobudur. Ga heran banget kalo candi tersebut pernah terpilih sebagai salah satu keajaiban dunia (menurut gw sekarang jg masih layak terpilih kok). Yang gw heran adalah bagaimana orang-orang jaman dulu bisa bikin candi tanpa menggunakan semen. Lalu bagaimana mereka bisa memahat begitu banyak pahatan untuk dinding. Padahal waktu di Jakarta kemaren ada pemahat yang coba bikin satu aja, 1 minggu ga kelar.

Buat temen2 yang mau ke Candi, berjalanlah memutari candi searah jarum jam. Karena ini akan lebih bermanfaat.

Demikianlah liputan gw. Dah pada ngacai ya bacanya?😀

4 responses to “Liputan Perjalanan Surabaya-Yogyakarta-Magelang

  1. mau dong keliling sambil cari duit … kayaknya cita-cita gw banget tuh, toh sekarang ajah gw sering jalan-jalan dari sumatera ke jawa tiap bulan, tapi nggak di bayar :0

  2. @ratna : walau aku mampir pun, toh ga ada kamu🙂
    @abahoryza : asik bgt tuh jalan2, asalkan transport ada yg bayarin
    @ndot2an : ciee, mau mengunjungi tempat2 yg penuh kenangan y

Tinggalkan Balasan

