2 Sisi

Permasalahan yang kita hadapi, seharusnya bisa dilihat dari 2 sisi. Pertama, dari sisi kita. Dan yang kedua adalah dari sisi orang lain.

Jika kita melihat dari sisi pertama, kita akan menjadi “buta” dan egolah yang menjadi dominan. Sedangkan jika kita melihat dari sisi orang lain, kita akan lebih bijak dan lebih baik.

Contohnya: dompet kita dicopet.

Kalo melihat dari sisi “gue”, kita akan lebih tidak menerima.

“Di dalam dompet itu ada KTP ‘gue'”

“Di dalam dompet itu ada KTM ‘gue'”

“Di dalam dompet itu ada ATM ‘gue'”

“Di dalam dompet itu ada kartu kredit ‘gue'”

“Di dalam dompet itu ada duit ‘gue'”

Semua karena ‘gue’.

Coba liat dari sisi sebaliknya.

“Fiuhh ya sudahlah. Gw ikhlasin. Semoga tuh duit bermanfaat bagi yang nyopet. Semoga bisa ngurangin beban dia. Sebenernya gw agak ga rela sih, tapi ya sudahlah.”

Dari sisi yang kedua ini, penderitaan kita akan berkurang ketimbang yang pertama.

Ga banyak orang yang bisa memberi. Semoga kita menjadi salah satu di antaranya.😀

2 responses to “2 Sisi

Tinggalkan Balasan

