dec to hex dan hex to dec in Ruby on Rails

Uwaa, gila nih.. mungkin karena keyword gw yang kurang spesific atau apalah itu.. aku tak mau perduli..  Susah banget pas gw mau cari built-in-method (cee ii lee bahasanyeee) ruby untuk konversi dari dec ke hex dan dari hex ke dec. Biasalah si bos suka ngomel kalo kita bikin-bikin lagi method baru, padahal ternyata di ruby dah ada built-in-methodnya..

Alhasil, dapet juga sih dari satu forum yang sepertinya merupakan forum-yang-jarang-dikunjungi-orang.. Soalnya gw liat tuh postingan dan setaonan yang lalu.. Dan gw juga bahkan lupa nge-bookmark..

Ah sutralah.. singkat kata (pdhl dah banyak basa-basi)..

dec to hex :

hex = dec.to_s(16)

contoh: misal dec = 12, maka hex = 12.to_s(16) = C

hex to dec :

dec = hex.hex

misal: hex = C, maka dec = “C”.hex = 12

2 responses to “dec to hex dan hex to dec in Ruby on Rails

Tinggalkan Balasan

