Bagaimana dapatkan kebahagiaan?

Semua makhluk ingin bahagia. Bahkan serangga yang paling kecilpun (sebut aja semut) ingin bahagia. Bagaimana kita tau? Kita bisa liat dari beberapa aktifitas yang dilakukannya. Mencari makan.. Beramai-ramai menuju sumber makanan dan beramai-ramai mengangkut makanannya. Bahkan kalo kita mencoba mendekatkan jari-jari kita ke tubuhnya, dia akan reflek menghindar.

Lebih jauh lagi, semua makhluk telah begitu baik terhadap kita. Kita ada di sini saat ini, dalam keadaan yang baik, tak lain dan tak bukan adalah berkat kebaikan banyak makhluk. Para petani yang tlah menanam padi walau terik mentari begitu menyengat, cacing-cacing kecil dan hewan-hewan kecil lainnya yang berada di dalam tanah dan telah menyuburkan tanah (meskipun terkadang badan mereka tercabik-cabik oleh cangkul para petani), kerbau-kerbau yang telah membajak sawah. Sehingga kita bisa makan hingga hari ini. Lalu, baju yang kita pakai ini, celana, sarana umum, semua tidak terlepas dari kebaikan banyak makhluk yang terlibat di dalamnya. Baik makhluk manusia maupun hewan.

Dulu waktu di sekolah, kita selalu diingatkan dengan istilah “makhluk sosial”. Kita tidak bisa hidup tanpa bantuan makhluk lain.

Berbuatlah sebaik mungkin untuk kebahagiaan semua yang ada di sekitar kita. Maka kitapun pasti kan dapat kebahagiaan itu.

4 responses to “Bagaimana dapatkan kebahagiaan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s