Habis Gelap Terbitlah Terang

Baru aja selesai baca buku yang judulnya ‘Aku Mau’ (Feminisme dan Nasionalisme).

Buku ini berisi surat-surat yg pernah ditulis oleh Kartini kepada sahabatnya yg berkebangsaan Belanda, Stella. Awal baca sipnosisnya aja gw dah merinding.

Kamu tahu motto hidupku ? “Aku Mau”. Dan dua kata sederhana ini telah membawaku melewati gemunung kesulitan. “Aku tidak mampu” menyerah.”Aku mau!” mendaki gunung itu. Aku tipe orang yang penuh harapan, penuh semangat!

(R.A. Kartini, dalam suratnya ke Stella Zeehandelaar, Jepara, 13 Januari 1900)

Seorang perempuan luar biasa yg berjuang utk kebebasan dirinya dan semua manusia perempuan. Walaupun akhirnya dia harus menyerah pada mimpi-mimpinya, setelah dipaksa menikah dengan seorang beristri bahkan hingga akhirnya meninggal beberapa hari setelah melahirkan anaknya.

Perjuangan feminisme luar biasa.

Bisa baca komentar ttg Kartini di sini. Tapi lebih baik baca aja bukunya. Bisa dapat banyak aspirasi dari buku ini kok. Ga bakalan rugi deh.

Tinggalkan Balasan

